# Urgensi Interaksi Pembina #

Bismiilaahirrohmaanirrohiim!!!

Urgensi Interaksi diantara Para Pembina Generasi Baru!! (Kakak Pembina PAS)

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat’ ”. (Q.S An-Nur: 30)
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) Nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan ….’” (Q.S An-Nur: 31).

Mari kakak, sejenak mentadaburi hikmah dibalik perintah yang tetapkan untuk kita semua. Dari kandungan firman Allah diatas sudahlah nampak jelas bahwa aturan Islam ini benar-benar luar biasa memperhatikan keinginan kita (Muslim). Keinginan kita yang senantiasa ingin terjaga dari musibah, malapetaka di akhirat kelak, keinginan kita untuk menjaga hati-hati kita dari kemusyrikan hati, sehingga hati kita hanya terpaut pada sang Pemberi Cinta.

Sudah banyak kisah, sejarah ataupun pengalaman yang telah terekam bahwa rasa Cinta itu dimulai dari pandangan, bersyukur kalau pandangan yang digunakan adalah pandangan hati. Bagaimana kalau pandangannya adalah pandangan syahwat? Bisa brabe kan jadinya?? Apalagi jika ditambah dengan kondisi Iman kita yang senantiasa naik-mudun,. Bersyukur kalau kondisi imannya sedang Up, kondisi yang masih bisa berfikir secara rasional membolak-balik hati agar senantiasa kembali pada Jalan yang benar. Bagaimana jikalau ujiannya itu menghadang dikala Iman kita sedang Down? Bisa-bisa kita menjadi budak Syahwat yang kita buat sendiri.

Huff, benar-benar berat ya kaka pengamalan dari perintah Allah yang satu ini. Tapi mau tidak mau kita harus mengamalkannya dalam kehidupan kita karena kita telah berniaga (bertransaksi dengan Syahadat kita) untuk senantiasa taat pada Allah SWT.

Mari kita lihat kondisi Riil yang ada di lingkungan kita sekarang ka, minimal lingkungan PAS tempat kita melakukan kegiatan. Kalau diperhatikan sedikit teliti masih banyak ditemukan interaksi diantara kaka-kaka Pembina yang melampaui. Apapun bentuknya, baik bercanda yang berlebihan, pembicaraan yang berlebihan sampai ngalor-ngidul tak karuan, dan yang lainnya yang telah kaka lihat secara nyata.

Pandangan ini pada umumnya berlaku untuk semua Nisaa ataupun Ikhwan, termasuk orang-orang yang gaul-gaul (Cowok Cewek gitu). Kecuali beberapa kondisi, diantaranya:
1. Tidak sengaja saling memandang
2. Membicarakan ilmu atau mengajar/ belajar
3. Melakukan jual beli atau perniagaan
4. Melakukan pengobatan
5. Melamar

Sedikit melirik ke dalam KOTIK (Kode Etik) PAS dijelaskan mengenai batasan hijab, sebagai berikut:
1. Pembina putra dan putri dilarang berkhalwat
2. Semua pembina wajib menutup aurat di muka umum dan memakai pakaian yang sopan
3. Pembina putra dan putri diharuskan menjaga hijab
4. Pembina putra wajib mnejaga hijab terhadap adik putri yang menjelang baligh (kelas 5-6 SD) demikian juga sebaliknya (pembina putri)
5. Semua pembina diharuskan saling mengingatkan dan menjaga pembina lain untuk tidak berprasangka buruk
6. Kakak putra dan putri non muhrim tidak bersentuhan secara sengaja
7. Setiap kakak wajib menjaga hati dan pandangan
8. Kakak putra dan kakak putri harus menjaga jarak secara fisik dalam berinteraksi.

Kalau dikaji ulang lagi, rasanya lumayan udah lengkap gambaran yang dipaparkan pada kotik. Tinggal sedikit paksaan diri untuk kita dalam merealisasikan aturan-aturan diatas. Bagaimana kaka? Ada yang keberatan?

Lalu bagaimana dengan pelaksanaan rapat/ Syuro? Baik rapat yang dilakukan secara besar-besaran seperti embun pagi, rapat akbar, ataupun rapat kecil seperti rapat LT, rapat Divisi. Berikut akan dipaparkan etikanya:
• Kaka Putra dan Putri tidak bolah duduk saling berhadapan (usahakan saling menyamping)
• Tidak memanjangkan urusan
• Diupayakan ada hijab
• Khusus untuk Kaka Putri, agar tidak melembut-lembutkan sura maupun bersuara manja.

Maka dari itu, mari kaka, kita sama-sama mengamalkan Perintah Allah diatas dengan hati yang ikhlas, mulai dari diri kita, mulai dari lingkungan kecil kita (PAS, Rumah/ Kost, Kampus), dan mulai dari sekarang juga. Jangan lupa untuk saling member peringatan (Mengingatkan diantara sesama kaka Pembina) karena sesama muslim adalah Saudara yang harus dicintai.

Ka Salim’54
http://www.akhisalim.wordpress.com
BALITBANG PAS

Advertisements

Diskusi Yuuk? ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s